Resep dan Cara Membuat Tahu Sendiri Dirumah

Cara Membuat Tahu - Tahu merupakan salah satu lauk pauk yang banyak digemari oleh masyarakat di Indonesia, sebab mengandung tinggi protein nabati dan dari segi kandungan gizi yang terkandung dari tahu juga tidak kalah dibanding lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan. Lauk pauk yang berasal dari negeri China ini terbuat dari endapan perasan biji kedelai yang difermentasi. Meski telah ada sejak zaman Dinasti Han sekitar 2200 tahun yang lalu, lauk pauk ini tetap menjadi makanan pelengkap yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. 

Meski harganya lebih murah dibandingkan dengan lauk pauk hewani, namun tahu memiliki banyak kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga aman bagi kesehatan jantung. Dibalik hidangan sederhana ini, tahu ternyata memiliki khasiat medis yakni mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Pada umumnya kita menikmati tahu bersama temannya yaitu tempe yang juga termasuk olahan dari kedelai dan banyak mengandung gizi. 

Resep Membuat Tahu


Cara Membuat Tahu


Saking banyaknya masyarakat yang menyukai tahu, sempat beberapa kali Indonesia mengalami kelangkaan lauk pauk ini. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi kembali, anda juga bisa membuat tahu sendiri dirumah, sebab Cara Membuat Tahu cukup mudah dan dapat juga dijadikan usaha kecil-kecilan bagi anda dirumah. Untuk membuat tahu itu sendiri cukup mudah, namun juga tergantung dari cara pembuatan masing-masing perorangan, sebab peralatan yang diperlukan juga dapat berbeda dari tiap-tiap perorangan. 

Jika anda masih bingung untuk menyediakan bahan apa saja, tidak perlu khawatir lagi sebab di bawah ini kami akan memberikan informasi seputar Resep Membuat Tahu sendiri di rumah, seperti berikut: 

Bahan-bahan: 
  • Kacang kedelai secukupnya 
  • 1 gr batu tahu (Kalsium sulfat atau CaSO4) atau 3 ml asam cuka 
  • Air secukupnya 


Peralatan untuk Membuat Tahu: 
  • Tong berukuran besar atau bak 
  • Tampah 
  • Kain blancu untuk menyaring 
  • Kain pengaduk 
  • Cetakan Keranjang 
  • Mesin penggiling (atau bisa menggiling kedelai terlebih dahulu) 
  • Wajan 


Cara Membuat Tahu Sendiri di Rumah: 
  1. Tampah kacang kedelai untuk mendapatkan kualitas yang bagus, lalu cuci bersih dan rendam selama 6 jam. 
  2. Setelah proses perendaman, kedelai di cuci hingga bersih. 
  3. Giling kedelai yang telah dicuci bisa menggunakan mesin penggiling dirumah atau menggiling di tempat penggilingan. 
  4. Setelah di giling, ambil bagian santan hasil gilingan lalu di rebus. 
  5. Setelah mendidih, angkat santan dan pisahkan ke dalam tong atau bak yang telah disediakan dengan cara disaring menggunakan kain blancu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses penyaringan dapat dilakukan berulang kali. 
  6. Campur santan yang telah disaring dengan asam cuka, kemudian aduk hingga menggumpal rata. Selain itu dapat juga dengan menambahkan air kelapa/serbuk batu tahu. 
  7. Setelah adonan tahu menggumpal sempurna, tuang adonan ke dalam cetakan yang telah dialasi dengan kain blancu. 
  8. Press adonan dalam cetakan selama kurang lebih 2 menit agar kandungan air dapat terperas hingga habis. 
  9. Setelah itu, langkah selanjutnya adalah mulai memotong tahu sesuai selera, 
  10. dan tahupun siap untuk digoreng dan dikonsumsi. 


Jika anda ingin menggoreng tahu di kemudian hari, sebaiknya simpan tahu ke dalam wadah kedap udara dan lemari pendingin agar dapat tahan lebih lama. Dengan mempraktekkan Cara Membuat Tahu seperti diatas, anda dapat meminimalisir jika terjadinya kelangkaan tahu yang sebelumnya pernah terjadi. 

Cara Membuat Tahu 


Demikian informasi seputar Resep dan Cara Membuat Tahu Sendiri di Rumah dengan resep yang sederhana, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah