Cara Membuat Cake/Kue Ulang Tahun Sederhana

Cara Membuat Cake Ulang Tahun - Salah satu hidangan yang identik dengan momen ulang tahun adalah cake ulang tahun. Meski tidak semua perayaan ulang tahun selalu identik dengan cake atau kue ulang tahun, namun memang rasanya kurang lengkap jika perayaan ulang tahun tanpa adanya cake ulang tahun. Cake yang dihias dengan sangat menarik dan sesuai dengan tema acara juga tidak hanya dihidangkan dalam acara ulang tahun saja, melainkan dalam berbagai acara istimewa lainnya, seperti pernikahan, syukuran atau acara lainnya. 

Banyak ragam kreasi hiasan cake ulang tahun yang biasanya dihidangkan, seperti dihias dengan potongan coklat, dihias dengan potongan buah segar, dihias dengan whipped cream dan masih banyak kreasi hiasan lainnya yang dapat disesuaikan dengan tema acara. Untuk menyiapkan kue ulang tahun, mungkin biasanya anda akan memesan atau membeli di toko kue dengan harga yang cukup beragam.

Cara Membuat Cake Ulang Tahun

Cara Membuat Cake Ulang Tahun


Untuk lebih menghemat pengeluaran dan menghias sesuai dengan kreativitas masing-masing, anda juga bisa membuat cake ulang tahun sendiri dirumah. Dengan membuatnya sendiri dirumah, anda dapat mengkreasikannya sesuai dengan selera dan membantu mengasah kreativitas anda. Jika anda tertarik untuk membuat kue ulang tahun sendiri dirumah, namun bingung dengan bahan apa saja yang diperlukan. Anda tidak perlu khawatir sebab di bawah ini Ngulas.com akan memberikan informasi Cara Membuat Cake Ulang Tahun sendiri dirumah dan membantu anda mempersiapkan bahan apa saja yang dibutuhkan, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 125 gr tepung terigu
  • 6 butir telur
  • 125 gr gula pasir
  • 1 1/2 sdt emulsifier
  • Coklat bubuk
  • Coklat pasta
  • 15 gr susu bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 125 gr margarin, lelehkan
  • 400 gr butter cream untuk olesan


Bahan Isian Cake Ulang Tahun:
  • 100 ml susu cair
  • 250 gr coklat masak


Bahan Topping:
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdm madu, sesuai selera
  • 200 gr coklat masak, potong-potong
  • Whipped cream


Cara Membuat Cake Ulang Tahun:
  1. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier menggunakan mixer hingga tercampur rata adn mengembang.
  2. Tambahkan tepung terigu, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder sambil diayak dan diaduk hingga merata.
  3. Tuang margarin yang telah dilelehkan dan coklat pasta sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  4. Siapkan loyang yang sebelumnya telah dialasi dengan kertas roti dan diolesi margarin, lalu tuang adonan ke dalam loyang.
  5. Oven adonan selama 35 menit dengan suhu 180 derajat celcius dan tunggu hingga matang merata.


Cara Membuat Isian Cake Ulang Tahun:
  1. Panaskan susu cair hingga mendidih lalu matikan api sebentar dan masukan potongan coklat masak. Nyalakan kembali api lalu masak sambil diaduk hingga coklat larut.
  2. Siapkan cake yang telah dibelah menjadi 3 bagian dan oles bagian pertama dengan adonan coklat, lalu tutup lagi dengan bagian cake lainnya. Lakukan cara tersebut hingga cake telah terisi dengan adonan coklat secara merata.
  3. Tutup semua bagian cake dengan butter cream lalu dinginkan.


Cara Membuat Topping:
  1. Panaskan susu cair bersama madu hingga mendidih dan tercampur rata.
  2. Masukan potongan coklat masak lalu aduk hingga coklat larut dan merata.
  3. Setelah masak, tuang diatas cake hingga ke bagian sisinya secara tidak merata atau sesuai dengan kreativitas masing-masing.
  4. Dinginkan beberapa saat lalu anda bisa mulai menghias cake menggunakan potongan coklat atau buah segar, sesuai selera.
  5. Dinginkan dilemari pendingin agar lebih tahan lama.


Dengan informasi Cara Membuat Cake Ulang Tahun seperti diatas, anda dapat membuat cake ulang tahun sesuai dengan selera dan menghiasnya sesuai dengan tema acara atau selera anda masing-masing.

Cara Membuat Cake Ulang Tahun


Dengan membuat cake ulang tahun sendiri, selain membantu mengasah kreatifitas, anda juga bisa lebih menghemat biaya pengeluaran. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Cake/Kue Ulang Tahun Sederhana, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah