Cara Membuat Kerupuk Udang Gurih dan Lezat

Cara Membuat Kerupuk - Ketika sedang menikmati hidangan sarapan memang rasanya kurang lengkap jika tidak ditemani dengan lauk pauk. Banyak jenis lauk pauk yang biasanya dihidangkan diatas meja makan dan salah satunya adalah kerupuk. Kerupuk merupakan panganan olahan yang berbahan dasar tepung tapioka dengan diberi bahan tambahan lainnya, seperti udang, ikan bahkan jengkol. Banyak jenis kerupuk yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat, seperti salah satunya adalah kerupuk udang.

Kerupuk udang memang memiliki rasa khas udang yang gurih sehingga menambah cita rasa dari kerupung tersebut. Selain dijadikan lauk pauk untuk menemani makan siang anda, kerupuk udang juga cocok dijadikan camilan bersama sambal goreng, serta memiliki kandungan gizi tinggi, seperti protein, vitamin B12, magnesium, zat besi, kalsium dan fosfor, sehingga baik untuk dikonsumsi sehari-hari, baik untuk kalangan anak-anak ataupun orang dewasa.

Cara Membuat Kerupuk

Cara Membuat Kerupuk


Pada umumnya untuk menikmati kerupuk udang anda membelinya dalam kemasan mentah lalu digoreng sebelum dikonsumsi. Padahal agar lebih terjamin kebersihan dan menggunakan udang asli, anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Mungkin dari anda masih banyak yang belum mengetahui Cara Membuat Kerupuk udang sendiri dirumah dan bahan apa saja yang dibutuhkan.

Untuk kesempatan kali ini Ngulas.com akan membantu anda mempersiapkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk udang sendiri dirumah, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 2 kg tepung tapioka atau sesuai kebutuhan
  • 2 kg udang, giling halus
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk dan penyedap rasa secukupnya


Cara Membuat Kerupuk Udang:
  1. Campurkan 1 kg tepung tapioka bersama udang yang telah digiling, hingga merata lalu sisihkan.
  2. Campurkan sisa tepung tapioka bersama lada bubuk, garam, penyedap rasa dan air secukupnya/
  3. Campur kedua adonan menjadi satu dan aduk hingga merata dan menjadi kalis.
  4. Setelah adonan cukup kalis, bungkus dengan daun pisang yang dibuat bulat memanjang, lalu kukus selama kurang lebih 2 jam.
  5. Setelah cukup matang, dinginkan lalu keluarkan dari dalam daun pisang, kemudian iris tipis dan letakkan diatas tampah yang telah diatasi plastik. Lalu jemur hingga kering.
  6. Setelah kering, kerupuk udang siap untuk digoreng dan dikonsumsikan.


Anda dapat menyajikan kerupuk udang bersama saus sambal atau sebagai lauk pauk saat menyantap nasi.

Cara Membuat Kerupuk


Selain menggunakan bahan dasar udang, Cara Membuat Kerupuk seperti diatas juga dapat dimodifikasi menggunakan ikan atau bahan dasar lainnya sesuai dengan selera anda. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Kerupuk Udang Gurih dan Lezat, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah