Cara Membuat Sambal Terasi Paling Mantap

Cara Membuat Sambal - Salah satu jenis hidangan masakan yang menjadi ciri khas masakan Indonesia adalah masakan pedas. Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia menyukai masakan dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Tidak heran jika masyarakat Indonesia seringkali menghidangkan sambal di atas meja makan bersama dengan lauk pauk lainnya. Menikmati nasi tanpa sambal memang rasanya kurang lengkap, baik sambal terasi, sambal ijo, sambal goreng atau jenis sambal lainnya yang beragam di beberapa wilayah Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa sambal merupakan saus yang dibuat dengan bahan utama cabai yang dilumarkan sehingga keluar sari cabai yang berasa pedas dan dicampur dengan garam, terasi dan beberapa rempah lainnya.

Rasa pedas yang dihasilkan oleh sambal memang cocok untuk lidah orang Indonesia, sehingga hidangan apapun jika tidak dihidangkan bersama sambal memang rasanya kurang lengkap. Selain paling nikmat di cocol dengan gorengan atau ayam goreng, sambal juga bisa menjadi hidangan istimewa, seperti sambal goreng ati, sambal goreng tempe dan masih banyak varian masakan lainnya yang menggunakan bahan dasar sambal.

Cara Membuat Sambal

Cara Membuat Sambal


Meski banyak jenis sambal dari tiap-tiap daerah, salah satu jenis sambal yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia, adalah sambal terasi. Sambal terasi ini pembuatannya dicampur dengan menggunakan terasi udang sehingga menambah cita rasa pedas serta harum udang yang dihasilkan dari terasi. Dari tingkat kepedasan sambal yang diracik dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Jika anda termasuk penyuka masakan pedas, anda juga bisa membuat sambal terasi sendiri dirumah dengan jumlah cabai yang bisa di sesuaikan dengan selera anda. Untuk anda yang masih bingung mempersiapkan bahan apa saja, di bawah ini Ngulas.com akan membantu anda untuk membuat sambal terasi sendiri dirumah dengan informasi Cara Membuat Sambal terasi secara lengkap, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 10 buah cabai merah berukuran besar, sesuai selera
  • 10 buah cabai rawit merah, sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sdm terasi udang matang
  • Garam secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • 1 buah tomat berukuran besar
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 3 iris lengkuas, geprek
  • 5 sdm minyak goreng


Cara Membuat Sambal Terasi:
  1. Haluskan cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan terasi. Ulek bahan tersebut hingga halus dan merata.
  2. Panaskan minyak goreng, masukan tomat yang telah diiris tipis dan biarkan agak matang, kemudian masukan bumbu halus, garam, gula jawa dan bahan lainnya. Aduk hingga merata.
  3. Tumis semua bahan dengan api sedang hingga tercampur dan matang.
  4. Setelah sambal terasi matang, angkat dan sajikan dalam mangkuk saji.


Untuk rasa lebih nikmat, sebaiknya anda memilih terasi udang asli Cirebon yang dibakar terlebih dahulu.

Cara Membuat Sambal


Dengan Cara Membuat Sambal seperti diatas, anda dapat membuat sambal terasi dengan jumlah cabai yang sesuai dengan selera anda masing-masing. Dengan membuat sambal sendiri, dengan begitu akan lebih terjamin kebersihan dan tanpa menggunakan bahan pengawet. Sekian ulasan mengenai Cara Membuat Sambal Terasi Paling Mantap, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah