Resep dan Cara Membuat Sate Ayam Madura

Cara Membuat Sate - Ragam kuliner di Indonesia memang sangat banyak, dari Sabang hingga Merauke masing-masing daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing. Meski sebagai kuliner khas suatu daerah, namun kebanyakan telah tersebar hingga ke beberapa wilayah lainnya. Salah satu jenis kuliner yang banyak disukai oleh hampir seluruh masyarakat di Indonesia adalah sate. Di Indonesia sendiri memiliki ragam sate sekitar tujuh jenis sate yang berasal dari daerahnya masing-masing, seperti sate Madura, sate Ponorogo, sate Ambal, sate Blora, sate lilit Bali, sate pusut dan sate lembut. Dari beberapa jenis sate berikut, bahan dasar dan cara penyajiannya juga cukup berbeda.

Resep Sate pada umumnya berbahan dasar daging kambing, daging sapi, daging ikan atau daging ayam, serta dihidangkan bersama sambal kecap atau sambal kacang. Salah satu jenis sate yang terkenal di beberapa daerah adalah sate Madura, mungkin anda juga sering melihat pedagang yang menjajakan sate Madura pada malam hari.

Cara Membuat Sate

Cara Membuat Sate


Tidak perlu menunggu malam hari atau hari Raya Idul Adha untuk menikmati sate, anda pun bisa membuat sate Madura sendiri dirumah. Untuk anda yang tertarik membuat sate Madura sendiri dirumah, namun bingung dengan bahan apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana Cara Membuat Sate Madura, kini tidak perlu bingung lagi sebab di bawah ini ngulas.com akan membantu anda untuk mempersiapkan bahan yang diperlukan untuk membuat sate Madura, seperti berikut:

Bahan-bahan:

  • 1 kg ayam tanpa tulang dan kulit atau sesuai kebutuhan, potong membentuk dadu
  • Air jeruk limau secukupnya
  • 150 ml kecap manis
  • Tusukan sate seperlunya


Bahan untuk Membuat Bumbu Kacang:

  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah, sesuai selera
  • 100 ml kecap manis
  • 250 gr kacang tanah yang telah digoreng
  • 2 lembar daun jeruk
  • 500 ml air
  • Garam secukupnya


Cara Membuat Bumbu Sate:

  1. Haluskan bawang merah, garam, kacang tanah, bawang putih dan cabai merah hingga merata.
  2. Tambahkan kecap, daun jeruk dan air secukupnya. Lalu masak hingag matang dan mengeluarkan minyak.
  3. Setelah cukup matang, angkah dan sisihkan.


Cara Membuat Sate Ayam Madura:

  1. Tusuk daging ayam dengan tusukan sate yang berisi 5 potongan ayam, sesuai selera.
  2. Lumuri daging yang telah ditusuk dengan kecap dan bumbu kacang hingga merata.
  3. Siapkan bara arang dan panggangan, lalu taruh sate diatas panggangan. Bolak balik hingga berubah warna.
  4. Saat sate setengah matang, beri sedikit bumbu dan kecap, lalu bolak balik hingga matang merata dan angkat.
  5. Untuk menambahkan cita rasa, anda bisa menambahkan air jeruk limau untuk disiram diatas sate, lalu ditambah dengan acar mentimun yang telah dicincang bersama bawang merah dan cabai rawit.
  6. Sate Madura yang telah matang dapat disajikan bersama bumbu kacang atau sambal kecap, sesuai dengan selera masing-masing.


Meski banyak bahan yang diperlukan untuk membuat sate ayam Madura, tidak ada salahnya jika anda mengikuti Cara Membuat Sate seperti diatas untuk dapat dinikmati kapan saja bersama teman atau keluarga.

Cara Membuat Sate


Melalui Resep Sate seperti diatas, anda juga dapat memodifikasinya dengan bahan lainnya, seperti ikan, daging kambing atau daging sapi, sesuai dengan selera masing-masing. Sekian ulasan mengenai Resep dan Cara Membuat Sate Ayam Madura, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan menambah wawasan memasak anda semua.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah