Tips Cara Mengatasi Virus Komputer

Cara Mengatasi Virus - Virus tentu saja merupakan hal yang sangat mengganggu, terlebih lagi virus pada perangkat komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri, sehingga dapat dengan mudah menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program maupun file lainnya yang terdapat pada perangkat komputer anda. Tidak hanya tubuh manusia saja yang dapat mendapat kerugian atau suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya virus, namun pada perangkat komputerpun dapat mengganggu bahkan merusak sistem kerja dari komputer itu sendiri.

Virus dapat datang tiba-tiba dengan mengganggu berbagai aktivitas yang tengah anda kerjakan, baik ketika sedang mengerjakan tugas maupun sedang bermain game. Virus pada perangkat komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dengan cara memuat program yang memaksanya over process ke perangkat tertentu. 

Cara Mengatasi Virus

Cara Mengatasi Virus


Pada umumnya untuk mengantisipasi datangnya virus pada perangkat komputer, anda mengetahui Cara Mengatasi Virus dengan menggunakan antivirus yang diinstal pada komputer anda. Namun anda juga perlu mengetahui bahwa terkadang virus yang bersarang tersebut cukup bandel dan sukar untuk dihapus oleh antivirus sekalipun. Padahal antivirus itu sendiri dikembangkan berdasarkan perkembangan suatu virus yang terdapat pada perangkat komputer, sehingga tidak menutup kemungkinan antivirus yang anda instal tersebut tidak mampu untuk mengatasi virus tersebut.

Untuk itu anda perlu mengetahui Tips Cara Mengatasi Virus Komputer yang bisa anda lakukan selain hanya mengandalkan antivirus untuk melindungi komputer maupun laptop anda. Untuk membantu anda semua, di bawah ini Ngulas.com akan memberikan informasi bagaimana cara memproteksi komputer dari serangan virus dengan beberapa cara, seperti berikut:

  1. Boot komputer maupun laptop anda dalam keadaan safe mode. Kemudian tekan tombol F8 beberapa kali hingga layar hitam dan putih muncul, lalu pilih safe mode dan tekan enter pada keyboard anda.
  2. Setelah komputer anda sukses melakukan booting, bersihkan dan optimalkan browser yang terinstal di komputer. Hapus semua riwayat download maupun browsing, termasuk aktif log, cache dan cookie. Hal tersebut sangat dianjurkan untuk anda bersihkan semua browser yang digunakan saat browsing atau mendownload file.
  3. Tutup semua windows yang terbuka dan temukan icon My Computer pada desktop, lalu klik kanan dan pilih Properties, pilih tab System Restore atau System Protection pada pilihan di sebelah kiri, kemudian pilih System Restore dan centang checkbox "Turn Off System Restore". Hal tersebut bertujuan untuk menghentikan virus menginstal ulang saat anda me-restart komputer.
  4. Tutup semua jendela yang terbuka lalu klik menu 'Start' dan kemudian ketikkan WinMSD di kolom search atau run, lalu enter. Cari atau pilih software environment dan pilih 'Startup Programs'. Lakukan scanning atau hapus semua program yang tidak dikenal secara manual. Anda dapat mencari di mesin pencari daftar malware yang ada dan biasanya nama program virus dimulai dengan 'HKLM\\'.



Selain beberapa Cara Mengatasi Virus komputer seperti diatas, anda juga dapat menggunakan antivirus gratis yang dapat ditemukan di internet.

Cara Mengatasi Virus


Untuk menghindari virus pada perangkat komputer dan laptop ada baiknya jika anda berhati-hati dalam mendownload suatu program/aplikasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya. Sekian ulasan mengenai Tips Cara Mengatasi Virus Komputer, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu anda semua mengatasi virus komputer.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah