Contoh Surat Kuasa yang Baik dan Benar

Contoh Surat Kuasa - Surat kuasa merupakan surat yang berisi pelimpahan wewenang dari seseorang kepada orang lain atau dari satu pihak ke pihak lainnya. Pelimpahan dalam surat kuasa tersebut dapat mewakili pihak yang memberi wewenang secara penuh. Biasanya surat kuasa dikerjakan ketika satu pihak tidak memiliki banyak waktu atau terlalu sibuk dalam mengurus sebuah urusan, seperti mengurus proses administrasi yang cukup penting, namun tidak bisa ditangani seorang diri. Surat kuasapun dibuat untuk keperluan yang berisi pelimpahan wewenang pihak terkait kepada seseorang untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang tidak dapat dilakukannya karena kesibukannya tersebut. 

Contoh surat kuasa yang digunakan tidak bisa asal-asalan, karena harus memiliki bukti keyakinan untuk menunjuk seorang pihak yang akan menerima surat kuasa anda tersebut. Surat kuasa juga dapat digolongkan menjadi 2 bagian, yaitu: 

contoh surat kuasa


Contoh Surat Kuasa

  1. Surat kuasa formal yang biasanya menggunakan materai Rp 6000,- dan dilengkapi dengan pemberi kuasa, penerima kuasa serta saksi-saksi untuk memperkuat surat kuasa tersebut. Surat kuasa normal digunakan untuk kepentingan yang lebih khusus seperti surat kuasa atas tanah, surat kuasa usaha dan sebagainya. Surat kuasa non-formal yang biasanya tidak memerlukan materai, hanya cukup pemberi dan penerima kuasa saja. 
  2. Surat kuasa non-formal digunakan untuk mengurus perpanjangan STNK, mengambil uang pensiun, surat wasiat dan sebagainya. 

Untuk membuat suatu surat kuasa anda harus memerhatikan beberapa hal umum agar surat kuasa anda dibuat dengan baik dan benar, seperti berikut: 
  • Cantumkan judul dibagian atas yaitu Surat Kuasa, dalam hukum bisa berupa Surat Kuasa Khusus maupun Surat Kuasa Substitusi. 
  • Cantumkan pihak yang terlibat dalam pengalihan kuasa. Pertama tulis profil biodata singkat pemberi kuasa kemudian profil singkat penerima kuasa. 
  • Penutup surat. 
  • Cantumkan tanggal dan tempat pembuatan surat kuasa. 
  • Cantumkan tanda tangan dan nama pemberi kuasa serta penerima kuasa. 
  • Untuk menguatkan keabsahan surat kuasa tersebut dapat ditempel materai seperlunya. 

Untuk lebih memperjelas lagi contoh surat kuasa yang baik dan benar, dibawah ini ada contoh surat kuasa yang dapat membantu anda dan di modifikasi sesuai dengan tujuan pembuatan surat kuasa yang akan anda buat. 

Contoh Surat Kuasa 

Yang bertanda tangan dibawah ini 

Nama : Erik Ekawianto 
Jenis Kelamin : Laki-laki 
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 17 Maret 1978 
Alamat : Jl. Setiabudi No. 243, Bandung 
No. KTP : 23.33.65.2342.12345 
Pekerjaan : General Manager PT. Inti Jaya 

Memberikan kuasa kepada 

Nama : Indah Nurlela 
Alamat : Jl. Cihampelas No. 123, Bandung 
No. Ktp : 32.87.12.1234.12345 
Pekerjaan : Karyawan PT. Inti Jaya 

Untuk pengambilan : Satu Buah Buku BPKB Mobil Avanza 
Nopol : D 1234 RR 
Warna : Hitam 
No. Mesin : G-ADS-776-ID-1234244 
No. Rangka : HIJKL-83563526-IDD-12345 
Atas Nama : Erik Ekawianto 

Demikian Surat Kuasa ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana semestinya. 
                                                                                          Bandung, 15 Mei 2013 
Yang Diberi Kuasa                                                             Yang Memberikan Kuasa 
(Indah Nurlela)                                                                        (Erik Ekawianto)

Contoh Surat Kuasa


Contoh surat kuasa seperti diatas merupakan contoh surat kuasa yang sudah menggunakan format yang baik dan benar, dan dapat anda modifikasi sesuai dengan keperluan dan tujuan pembuatan surat kuasa tersebut. Sekian ulasan mengenai Contoh Surat Kuasa Yang Baik dan Benar, semoga dapat bermanfaat.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah