Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar

Resep Ikan Bakar - Hampir sebagian besar masyarakat menyukai hidangan dari laut, seperti halnya seafood. Banyak berbagai jenis seafood yang dikonsumsi oleh masyarakat, seperti ikan, udang, cumi dan masih banyak lagi. Salah satu jenis makanan laut yang banyak dikonsumsi dan dihidangkan diatas meja makan adalah ikan. Cara penyajian dari jenis makanan laut ini berbeda-beda sesuai selera masing-masing dan salah satunya adalah dengan cara dibakar.

Baik ikan laut atau ikan air tawar memang nikmat jika disajikan dengan cara dibakar terlebih dahulu, lalu dihidangkan bersama bumbu yang diracik sendiri sesuai selera. Biasanya anda mungkin menikmati hidangan ikan bakar di beberapa tenda pinggir jalan atau restoran seafood. Namun hidangan laut yang satu ini termasuk yang mudah untuk dibuat sendiri didapur anda.

Cara Membuat Ikan Bakar


Resep Ikan Bakar


Dengan membuat ikan bakar sendiri, anda juga dapat menentukan bahan Resep Ikan Bakar sesuai dengan selera anda masing-masing. Jika anda pemula yang masih belum tahu Cara Membuat Ikan Bakar yang enak dan lezat, anda tidak perlu bingung karena di bawah ini kami akan membantu anda untuk menyiapkan beberapa bahan untuk membuat ikan bakar sendiri dirumah, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 1 ekor ikan segar (jenis ikan dapat disesuaikan dengan selera)
  • 1 sdm perasan jeruk nipis


Bumbu untuk Dioles:
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm air jeruk limau


Bumbu yang Dihaluskan:
  • 2 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 5 cabai merah keriting
  • 3 cabai rawit merah (sesuai selera)
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya


Cara Membuat Ikan Bakar Pedas Manis:
  1. Cuci bersih ikan lalu lumuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat sampai meresap dan bau amisnya hilang.
  2. Haluskan cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, gula dan garam.
  3. Untuk bumbu olesan, campurkan kecap manis dengan minyak sayur, air jeruk limau bersama bumbu yang telah dihaluskan tadi.
  4. Oleskan bumbu tersebut diatas seluruh permukaan ikan hingga merata.
  5. Siapkan bara api dengan arang agar menghasilkan wangi dan rasa ikan bakar yang lebih lezat., lalu taruh ikan diatas panggangan dan bolak balik dengan sesekali di olesi bumbu hingga matang merata.
  6. Jika ikan telah terlihat matang, angkat lalu sajikan dan hias sesuai selera anda.


Untuk lebih nikmat lagi, ikan bakar paling cocok disajikan bersama sambal goreng atau sambal kecap dan lalapan, sesuai dengan selera masing-masing.

Resep Ikan Bakar


Dengan Resep Ikan Bakar seperti diatas anda dapat membuat ikan bakar dengan jenis ikan sesuai selera, seperti ikan patin, ikan mas atau jenis ikan apa saja. Cara diatas dapat anda praktekkan dirumah dan dinikmati bersama teman atau keluarga. Sekian ulasan mengenai Resep dan Cara Membuat Ikan Bakar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah