Resep dan Cara Membuat Kecap Sendiri

Cara Membuat Kecap - Kedelai ternyata tidak hanya dapat diolah menjadi susu, tahu atau tempe saja. Salah satu produk olahan kacang kedelai yang biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bahan pelengkap bumbu masakan, yakni kecap. Kecap sendiri terbuat dari kedelai hitam yang diproses melalui fermentasi. Cara Membuat Kecap pada umumnya berbeda-beda, bisa dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar, namun dari jangka waktu tersebutlah yang dapat memastikan sampai kapan kecap akan bertahan lama.

Dengan rasa yang manis gurih inilah membuat kecap banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap agar masakan lebih istimewa dan berwarna. Sebagai produk olahan pertanian, sebenarnya kecap juga tidak hanya dapat ditemukan di beberapa toko atau supermarket, justru anda dapat membuatnya sendiri dirumah dengan beberapa bahan dan Resep Membuat Kecap yang banyak ditemukan di majalah maupun situs internet.

Resep Membuat Kecap


Cara Membuat Kecap


Jika anda tertarik untuk membuat kecap racikan anda sendiri, namun masih bingung dengan bahan yang diperlukan serta cara membuat kecap sendiri, anda tidak perlu bingung lagi. Di bawah ini kami akan membantu anda meracik kecap sendiri dirumah dengan beberapa Cara Membuat Kecap, seperti di bawah ini:

Bahan-bahan:
  • 1 kg kedelai hitam
  • 3 gr ragi tempe
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 4 cm lengkuas
  • 1 sdt pokak
  • 6 kg gula merah
  • 1 1/2 liter air untuk melarutkan gula merah
  • 800 gr garam


Cara Membuat Kecap:
  1. Langkah pertama cuci terlebih dahulu kedelai hingga bersih lalu rendam selama satu malam.
  2. Setelah direndam semalaman, rebus hingga kulit kedelai menjadi lunak, angkat dan tiriskan.
  3. Beri ragi tempe pada kedelai yang telah didinginkan, aduk hingga rata lalu diamkan pada suhu ruang selama 3-5 hari.
  4. Setelah kedelai yang disimpan tersebut ditumbuhi jamur dan berwarna putih merata, tambahkan larutan garam, kemudian masukkan ke dalam wadah dan biarkan selama 3-4 minggu dalam suhu ruang. (batas maksimal proses penggaraman adalah 2 bulan)
  5. Setelah proses penggaraman selesai, tuang air bersih lalu masak hingga mendidih. Angkat dan saring.
  6. Tambahkan hasil saringan tersebut dengan larutan gula merah dan bumbu, kecuali daun salam dan daun jeruk. Lalu giling hingga halus dan tercampur rata.
  7. Setelah semuanya tercampur rata, masak hasil saringan tersebut sambil diaduk kembali hingga rata. Angkat ketika air mendidih dan tidak berbuih lagi.
  8. Tiriskan adonan lalu saring menggunakan kain saring. Kecappun siap untuk dikemas.


Yang perlu anda perhatikan dalam pembuatan kecap tersebut adalah memberikan ragi sesuai dengan banyaknya kedelai, agar tidak menyebabkan kegagalan jamur yang tumbuh saat proses fermentasi.

Cara Membuat Kecap


Dengan mempraktekkan Cara Membuat Kecap seperti diatas, anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bisnis atau untuk dikonsumsi sendiri dirumah. Sekian informasi seputar Resep dan Cara Membuat Kecap Sendiri, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.

Popular posts from this blog

Kata-kata Pantun Ultah Selamat Ulang Tahun

Kumpulan Puisi Chairil Anwar Lengkap

Cara Membuat Tape Singkong Dan Ketan Dengan Mudah